Kabar gembira datang dari perwakilan SMA Negeri 1 Jember dalam ajang Science Your Future Competition. Dalam kompetisi yang diadakan oleh Austrade Jakarta ini, perwakilan SMA Negeri 1Jember meraih kemenangan menjadi Tim Terbaik sehingga berhak mengikuti short course tentang STEM di Queensland University of Technology (QUT) di Brisbane, Australia selama 7 hari. 

Science Your Future Competition (SYFC) adalah Kompetisi yang bertujuan untuk mendorong siswa di Indonesia untuk mencapai ambisi mereka untuk belajar STEM (Science, Technology, Engineering, Mathemathic) di Australia. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Austrade Jakarta yang bekerjasama dengan Australian Technology Network (ATN), Australian businesses Qantas dan Bluescope. Kompetisi berlangsung mulai 1 Januari 2018 hingga 15 April 2018.

 

Pada kompetisi ini, peserta terdiri dari 2 orang siswa dan 1 orang guru pembimbing. Peserta diwajibkan untuk membuat video berdurasi 90 detik dan essay yang terdiri dari 500 kata Yang berkaitan dengan STEM untuk memberikan solusi tentang tantangan yang ada di Indonesia. Pada kompetesi ini Tim SMA negeri 1 Jember yang diwakili oleh ananda Firman Syauqi dan Firdaus Yusuf Bahtiar dengan bimbingan dari Bapak Heri Tri Sutanto, S.Pd membuat video dan essay tentang wearable technology produk yang disebut STORENE (Stop before the line). Storene adalah sebuah kombinasi beberapa jenis sensor dan traffic voice yang akan dihubungkan dengan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL). Produk ini dapat memberikan peringatan secara automatis kepada pengendara yang berhenti melewati stop line pada saat APILL menyala merah. Sehingga, dengan adanya teknologi ini diharapkan mampu mengurangi tingkat kecelakaan pengguna jalan dan menjamin keselamatan dan kenyaman pejalan kaki yang akan menyeberang jalan.

 

Atas Izin Tuhan Yang Maha Esa, dengan produk tersebut Tim SMA Negeri 1 Jember menjadi tim Terbaik yang mampu mengalahkan 90 tim dari seluruh Indonesia. Hal ini tentu sangat membanggakan bisa menjadi tim yang terbaik dalam kompetisi yang bergengsi tersebut, yang mana penilaiannya dilakukan secara professional oleh para juri, yang notabene adalah para profesor dari ATN (Australian Technology Network). 

Dalam kesempatan short course di Australia nanti tim SMAN 1 Jember juga akan diberi kesempatan untuk mempresentasikan produk dihadapan civitas QUT. Harapannya semoga STORENE bisa diaplikasikan dan dikembangkan di seluruh dunia khususnya di Indonesia serta memberikan manfaat terhadap penggunaan teknologi dalam bidang lalu-lintas.

Alamat Sekolah

Jl. Letjen Panjaitan No. 55
Kec. Sumbersari, Kab. Jember 68121

Lihat Peta Lokasi
Kontak SMAN 1 Jember

Telepon: (0331) 338-586
Fax: (0331) 338-586

Email: sekolah@sman1jember.sch.id
Jam Kerja

Senin - Kamis: 06.30 - 16.00 WIB
Jumat: 06.30 - 16.00 WIB (Istirahat: 11.00 - 13.00)

Sabtu, Minggu Libur