PEMBINA : Drs. Adi Budiyanto

Taekwondo (juga dieja Tae Kwon Do, Taekwon-Do) adalah olah raga bela diri Korea yang paling popular dan juga merupakan olah raga nasional Korea. Senibela diri ini yang paling banyak dimainkan di Olimpiade bahkan tingkat dunia.

Dalam bahasa Korea, hanja untuk Tae berarti "menendang atau menghancurkan dengan kaki"; Kwon berarti "tinju"; dan Do berarti "jalan" atau "seni". Jadi, Taekwondo dapat diterjemahkan dengan bebas sebagai "senitangan dan kaki" atau "jalan" atau "cara kaki dan kepalan". Seni bela diri dari negeri Ginseng ini memiliki keistimewaan pada jurus-jurus tendangan mematikan.

Ekstrakurikuler ini sudah lama berdiri di SMA Negeri 1 Jember dan sampai saat ini masih bertahan !!, Yach, walaupun sekarang sudah mulai bermunculan berbagai bela diri lain, tapi Taekwondo SMA Negeri 1 Jember masih tetap bertahan. Ekstrakurikuler ini penuh dengan suka dan keceriaan. Walaupun beladirinya cukup keras, tapi latihannya tidak terlalu keras, malah terkesan nyantai dan banyak bercandanya, tapi bukan berarti tidak serius!!. Ekskul ini pernah menyumbangkan medali emas buat SMA Negeri 1 Jember.

Beberapa prestasi yang pernah diraih oleh ekskul ini antara lain : 1 medali emas & atlet terbaik Kejurprov Pasuruan, 1 medali perunggu Popnas Semarang, 1 medali perunggu Kejuaraan International Bandung, 3 medali emas, 4 medali perak & 1 medali perunggu Kejurprov Kediri


Alamat Sekolah

Jl. Letjen Panjaitan No. 55
Kec. Sumbersari, Kab. Jember 68121

Lihat Peta Lokasi
Kontak SMAN 1 Jember

Telepon: (0331) 338-586
Fax: (0331) 338-586

Email: sekolah@sman1jember.sch.id
Jam Kerja

Senin - Kamis: 06.30 - 16.00 WIB
Jumat: 06.30 - 16.00 WIB (Istirahat: 11.00 - 13.00)

Sabtu, Minggu Libur