PEMBINA : Drs. Adi Budiyanto

Pencak silat merupakan seni bela diri Asia yang berakar dari budaya Melayu. Bela diri ini sangat mengakar dalam budaya Indonesia. Untuk membudayakan seniini maka SMA Negeri 1 Jember tidak ketinggalan untuk memasukkan seni bela diri Pencak Silat kedalam daftar Ekstrakurikuler. Bahkan Pencak Silat dijadikan sebagai salah satu Ekstrakurikuler Wajib Pilihan.

Pencak Silat yang diajarkan di SMA Negeri 1 Jember adalah pencaksilat dari Perguruan Merpati Putih. Perguruan ini berasal dari Yogyakarta, dan selain mengajarkan teknik-teknik bela diri juga mengajarkan teknik-teknik pernapasan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan pesertadidik.

Saat ini  Merpati Putih merupakan salah satu anggota Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI),  Martial Arts Federation For World Peace (MAFWP) serta Persekutuan Pencak Silat Antar Bangsa atau PERSILAT (International PencakSilat Federation).

Sejak mulai hadirnya di SMA Negeri 1 Jember, PPS Betako Merpati Putih telah berhasil mencetak pesilat-pesilat tangguh yang dibuktikan dengan banyaknya atlet-atlet silat Merpati Putih dari SMA Negeri 1 Jember yang telah menjuarai beberapa kelas di event-event pertandingan pencak silat


Alamat Sekolah

Jl. Letjen Panjaitan No. 55
Kec. Sumbersari, Kab. Jember 68121

Lihat Peta Lokasi
Kontak SMAN 1 Jember

Telepon: (0331) 338-586
Fax: (0331) 338-586

Email: sekolah@sman1jember.sch.id
Jam Kerja

Senin - Kamis: 06.30 - 16.00 WIB
Jumat: 06.30 - 16.00 WIB (Istirahat: 11.00 - 13.00)

Sabtu, Minggu Libur