Ada beberapa kegiatan harus dilakukan sekolah dalam program SMA Rujukan. Selain sosialisasi, beberapa kegiatan pelatihan dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan untuk program ini.

Salah satu pelatihan yang dilakukan adalah penggunaan atau pembuatan soal-soal menggunakan media TIK yang diwujudkan dalam Pelatihan Penggunaan Soal-soal berbasis LMS yang dilaksanakan hari Minggu 18 Agustus 2016

Dalam pelatihan ini, diundang para guru di SMAN 1 Jember dan sejumlah perwakilan dari sekolah imbas. Kegiatan yang dilakukan dalam pelatihan ini yaitu praktikum penggunaan LMS sebagai media pembelajaran, dimana fokusnya adalah pembuatan soal-soal dan aktivitas kuis menggunakan fasilitas LMS yang dimiliki sekolah

Pembukaan pelatihan dilakukan di Ruang Aula Madya, sedang untuk praktikum, peserta pelatihan dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas A di Lab Komputer 2 dan kelas B di Lab Komputer 3 (Lab Bahasa). Dan bertugas sebagai narasumber dalam pelatihan adalah Bpk. Muh. Husnan Sarofi dan Bpk. Heru Teguh Santosa yang merupakan administrator LMS di SMAN 1 Jember.

Praktikum diawali dengan mendemokan beberapa keunggulan dari LMS yang dimiliki SMAN 1 Jember, salah satunya akses melalui perangkat mobile. Dalam demo tersebut narasumber memperlihatkan bagaimana siswa dapat mengumpulkan tugas harian dengan menguploadnya ke dalam sistem LMS melalui perangkat handphone android. Kegiatan kemudian dilanjutkan praktikum dengan pengaturan pembelajaran, pembuatan sumber belajar dan aktivitas belajar di dalam LMS dengan singkat. Praktik yang terakhir adalah pembuatan soal-soal LMS sekaligus pembuatan aktivitas kuis.

Alhamdulillah, saat praktikum beberapa guru yang telah cukup memahami penggunaan LMS ikut membantu narasumber dengan mengajari rekan guru lain yang baru menggunakan atau kurang memahami penggunaan LMS ini.

Bagi guru-guru SMAN 1 Jember sendiri, pelatihan ini sekaligus untuk merefresh kembali apa yg sudah dilakukan dalam pelatihan yang sama beberapa tahun sebelumnya. Sedang bagi sekolah imbas hal ini sebagai pengetahuan tambahan serta gambaran penggunaan LMS jika mereka ingin mengembangkannya di sekolah masing-masing.

Waktu pelatihan yang hanya setengah hari tentunya memang dirasa kurang untuk hasil yang ideal. Tapi setidaknya bisa sebagaai pemacu khususnya bagi guru SMAN 1 Jember untuk lebih semagat lagi dalam menerapkan dan memanfaatkan LMS sebagai sarana untuk meningkatkan pengalaman belajar bagi siswa.


Alamat Sekolah

Jl. Letjen Panjaitan No. 55
Kec. Sumbersari, Kab. Jember 68121

Lihat Peta Lokasi
Kontak SMAN 1 Jember

Telepon: (0331) 338-586
Fax: (0331) 338-586

Email: sekolah@sman1jember.sch.id
Jam Kerja

Senin - Kamis: 06.30 - 16.00 WIB
Jumat: 06.30 - 16.00 WIB (Istirahat: 11.00 - 13.00)

Sabtu, Minggu Libur