Indonesia saat ini tengah menghadapi pandemi COVID-19 yang terjadi di berbagai wilayah, khususnya Kabupaten Jember. Pemerintah bersama dengan berbagai lapisan masyarakat berupaya bahu-membahu demi menanggulangi dampak pandemi ini.
 
Akibat dari pandemi ini banyak korban yang saat ini sedang dirawat dan tak sedikit pula korban jiwa berjatuhan karena virus ini. Tak luput juga berbagai sektor pun ikut terdampak oleh pandemi COVID-19 seperti kesehatan, perekonomian, sampai pada kesejahteraan masyarakat.
 
Melihat kondisi ini perlu kita sadari bahwa Pandemi ini merupakanmusuh kita bersama. Karenanya diperlukan suatu aksi solidaritas untuk menekan penyebaran virus yang kita hadapi saat ini. Dimulai dari diri sendiri, kita harus memiliki empati dan menghilangkan sikap egois kita dengan saling peduli, saling tolong menolong, dan sama-sama mendukung, serta melakukan sesuatu sesuai kemampuan kita serta anjuran dari pemerintah. Maka dari itu SMA Negeri 1 Jember tergerak untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak dengan menyelenggarakan bakti sosial dan aksi kemanusiaan dengan cara menggalang dana yang diwujudkan dalam bentuk bantuan sembako yang akan diserahkan kepada masyarakat yang membutuhkan.
 
Tujuan dilaksanakannya kegiatan kemanusiaan SMASa Social Support dengan tema “Bersama Lawan Corona” ini untuk meringankan beban orang-orang yang terdampak COVID-19 dalam bentuk bantuan sembako, untuk mempererat tali persaudaraan serta meningkatkan kepedulian terhadap sesama manusia.
 
Waktu pelaksanaan kegiatan
A. Pengumpulan Donasi
Hari/Tanggal : Sabtu, 2 Mei 2020 s/d Sabtu, 16 Mei 2020
B. Pembagian
Hari : Minggu
Tanggal : 17 Mei 2020
Waktu : 09.00-11.00
 
Peserta kegiatan
Kegiatan Bakti Sosial diselenggarakan oleh pengurus OSIS SMAN 1 Jember masa bakti 2019/2020.
 
Ucapan Terima kasih
Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur dan relawan yang berpartisipasi dalam rangka menyukseskan kegiatan bakti sosial “SMASa Social Support”. Sampai dengan tanggal 16 Mei 2020 telah terkumpul bantuan dana sebesar Rp 26.328.000,00 yang disalurkan dalam bentuk bahan pangan pokok sebanyak 325 paket sembako.
 
Semoga kebiatan bakti sosial yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 1 Jember dengan dukungan seluruh donatur dan relawan dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan, kiranya Tuhan Yang Maha Esa memberikan balasan yang setimpal dan menjadi amal saleh. Aamiin.