Siswa kelas XII SMA yang akan mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) terlebih dulu dihadapkan pada penilaian Uji Kompetensi Akademik.

Kemendikbud lewat Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Badan Peneilitian dan Pengembangan (Balitbang) akan melakukan penilaian tersebut sebelum pelaksanaan UNBK. Kemendikbud bahkan telah menguji coba aplikasi penilaian ini melalui beberapa sekolah untuk melaksanakan Uji Kompetensi Akademik tahap 2 (9 sd 13 september 2019). 

Secara Nasional Kabupaten Jember termasuk salah satu Kabupaten yang ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan Uji Kompetensi Akademik Tahap 2 (9 sd 13 september 2019), selain Kota Gowa, Kota Makassar, Kota Banyuwangi, Kota Garut dan Kota Bogor.

https://puspendik.kemdikbud.go.id/agenda/uji-kompetensi-akademik-tahap-2

Di Jember terdapat 16 sekolah yang menjadi tempat pelaksanaan Uji Kompetensi Akademik tersebut. Di antaranya :

1.   SMA NEGERI 1 JEMBER
2.   SMA NEGERI PAKUSARI
3.   SMA NEGERI ARJASA
4.   SMA NEGERI KALISAT
5.   SMA NEGERI RAMBIPUJI
6.   SMA NEGERI JENGGAWAH
7.   SMA NEGERI BALUNG
8.   SMK NEGERI 4 JEMBER
9.   SMK PGRI 3 TANGGUL
10. MA NEGERI 2 JEMBER
11. MA NURUL QARNAIN
12. MA MIFTAHUL ULUM
13. MA AS-SUNNIYYAH KENCONG
14. MA MIFTAHUL ULUM TANGGUL
15. MA AL-MUSLIHUN
16. MA AL-MISRI

Di SMA Negeri 1 Jember, uji coba digelar tanggal 11 september 2019 sampai dengan 13 september 2019. Variasi soal dalam Uji Kompetensi Akademik ini lebih banyak dan menarik, karena tampilan gambarnya cukup beragam dan berwarna. Di samping itu juga terdapat soal-soal essai " Tidak hitam putih seperti UNBK ". 

Uji Kompetensi Akademik ini merupakan dua penilaian berbeda. Sebab Uji Kompetensi Akademik hanya sebatas untuk mengetahui potensi akademik siswa, sedang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) murni ujian untuk menilai hasil belajar siswa di sekolah.

" Soalnya juga tidak serumit seperti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ". Uji Kompetensi Akademik khusus diikuti siswa kelas XII saja.